Tips Olahraga dan Fitness bagi Pemula yang Belum Pernah Sama Sekali

Tips olahraga dan fitness bagi pemula akan membantu kita memiliki gaya hidup yang sehat melalui olahraga secara rutin. Olahraga menjadi salah satu latihan fisik yang memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kebugaran tubuh, meningkatkan stamina tubuh dan lain sebagainya. Banyak jenis olahraga yang bisa dipilih, seperti fitness.

Tips Olahraga Dan Fitness Yang Aman Bagi Pemula

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh tapi tidak semua orang suka melakukan olahraga. Salah satu alasannya karena tidak memiliki teman jadi kurang bersemangat melakukannya. Sebenarnya ada cara yang bisa dipilih untuk membuat kita lebih termotivasi menjadikan olahraga sebagai ruitinitas, seperti masuk dalam kelompok fitness. Olahraga ini biasanya memiliki tempat tersendiri untuk melakukannya karena membutuhkan alat-alat olahraga tertentu dan tidak semua orang memilikinya. Jadi, dari tempat itulah kita akan bertemu dengan orang lain yang memiliki niat sama, yaitu melakukan program latihan fitnes yang baik dan benar.

Pada umumnya, tempat fitness dibagi menjadi dua area, yaitu:

  1. Area Kardio
    Biasanya, ruangan ini dilengkapi dengan alat olahraga atau fasilitas olahraga untuk melatih organ jantung, seperti sepeda statis, mesin kayuh, treadmill. Selain itu, sering juga dijumpai media audio-visual di ruangan ini untuk menyemangati dan menghibur orang-orang yang sedang berlatih.
  2. Area Latihan Utama
    Biasanya, area ini dikelilingi oleh cermin yang berfungsi untuk memastikan gerak yang benar dari postur tubuh. Ruang ini juga sering dilengkapi dengan alat angkat beban, seperti barbel dan dumbel.

Bagi Anda yang belum pernah melakukan fitness sama sekali, maka ada tips olahraga dan fitness bagi pemula yang harus diperhatikan, yaitu:

  1. Tetapkan target yang disesuaikan dengan kemampuan
  2. Jangan lupa melakukan pemanasan sebelum fitness dan peregangan setelah fitness
  3. Anda bisa melakukan olahraga lain sebagai variasi seperti bersepeda, berenang atau lainnya
  4. Untuk langkah awal, lakukan secara perlahan dan sebentar, misalnya tiga kali dalam seminggu dengan 10-15 menit setiap sesinya. Secara bertahap tambahkan durasi dan intensitas gerakan fitnes untuk pemula.
  5. Makanlah beberapa jam sebelum melakukan fitness, seperti jus atau buah. Hal ini berfungsi untuk menambahkan energi sebelum fitness
  6. Pastikan jika Anda tidak kekurangan mineral jadi minumlah lebih banyak
  7. Gunakan pakaian yang nyaman, terutama yang tidak menimbulkan kelembapan pada tubuh
  8. Apabila Anda mengidap penyakit tertentu maka konsultasikan pada dokter terlebih dahulu, termasuk bagi Anda yang sudah lama tidak aktif olahraga dan berusia di atas 45 tahun
  9. Jika Anda tidak mengetahui pemakaian atau penggunaan alat fitness maka jangan asal menggunakannya karena dapat menimbulkan cidera. Jadi, jangan ragu untuk bertanya pada instruktur, jika perlu mintalah pendamping untuk awal latihan

Apabila Anda sudah mulai terbiasa dengan olahraga fitnes untuk mengecilkan perut ini maka sudah saatnya Anda menambah intensitas latihan, seperti 2-3 kali salam seminggu. Pastikan jika latihan yang Anda lakukan sudah menggunakan teknik yang benar. Dengan demikian maka latihan ini akan membantu meningkatkan dan membentuk massa otot, membakar kalori lebih efisien, mengurangi lemak tubuh, dan memperbaiki penampilan tubuh. Selain itu, mengikuti latihan fitness akan membuat Anda lebih bersemangat karena bisa bertemu dengan orang lain sehingga bisa bercengkarama saat merasa bosan. Fasilitas di tempat fitness juga lebih lengkap dan mendukung jadi sangat nyaman digunakan untuk latihan. Kemungkinan tips olahraga dan fitness bagi pemula ini berhasil akan lebih besar.