Jangan Lakukan Cara Diet Kilat Ini Karena Bahaya

Cara diet kilat pastinya membutuhkan usaha yang lebih ekstra dibanding diet biasa, namun diet ini akan memberikan dampak negatif bagi tubuh. Apakah anda merupakan salah satu orang yang memiliki masalah dengan berat badan? Lalu apakah anda berniat untuk melakukan diet untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh seperti yang diidamkan?

Perhatikan hal ini sebelum lakukan diet kilat

Sebelum melakukan diet, ada banyak hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Terlebih tidak sedikit orang yang ingin melakukan diet yang hasilnya bisa cepat dirasakan, yaitu dengan menjalankan kiat-kiat diet kilat seperti menahan lapar dan tidak makan. Sebenarnya ada banyak alasan kenapa berat badan tidak kunjung turun bahkan sampai membuat diri sendiri frustasi.

Alasan pertama adalah Anda menjalani diet tapi asupan dan pola makan anda salah, hal ini banyak dialami orang-orang yang cara dietnya hanya dengan mengurangi makan saja.

Alasan kedua adalah menjalani diet tanpa melakukan olahraga, biasanya terjadi karena malas atau tidak punya waktu untuk berolahraga. Akhirnya, Anda pun mulai mencari-cari diet yang kilat yang menjanjikan turunnya berat badan hanya dalam hitungan hari. Sebaiknya Anda simak terlebih dahulu beberapa penjelasan di bawah ini sebelum memilih metode diet kilat.

Alasan kenapa diet kilat cepat kurus dianggap berbahaya

Diet kilat adalah salah satu metode diet yang menjanjikan turunnya berat badan secara cepat dan drastis ketika melakukannya. Diet ketat ini memiliki banyak cara seperti: diet masakan tanpa menggunakan rasa asin atau yang dikenal dengan diet non-garam, diet rendah karbohidrat, dan bahkan hingga pengonsumsian pil pencahar yang dapat membuat Anda buang air besar berulang kali.

Perlu diketahui, bahwa pada dasarnya diet ketat tersebut dianggap tidak baik bagi tubuh. Kok bisa? Pada kenyataannya, diet kilat ini hanya memfokuskan pada turunnya berat badan dalam jangka waktu yang pendek, dengan tidak mempedulikan kesehatan dalam jangka panjang. Alih-alih menghilangkan lemak tubuh, yang terjadi hanyalah tubuh Anda kehilangan kandungan air hingga otot. Banyak orang telah gagal untuk mendapatkan kestabilan berat badan melalu diet ini, bahkan setelah bersusah payah merasakan masakan hambar tanpa garam hingga menelan banyak pil pencahar dan berulang kali harus merasakan mulas.

Lalu bagaimana cara yang tepat agar tidak termakan janji diet kilat?

Simaklah beberapa panduan berikut ini:

  1. Kuatkan pendirian Anda saat mendengar iklan produk diet yang menawarkan bahwa Anda tidak perlu capek-capek olahraga untuk menurunkan berat badan. Padahal, lemak tubuh dapat menyusut jika Anda melakukan aktivitas pembakaran lemak seperti olahraga, bukan hanya dengan bersantai ria.
  2. Hindari konsumsi olahan makanan dan produk diet yang mengatakan bahwa dengan menggunakan produk tersebut, berat badan bisa berkurang hingga 2 kg atau bahkan lebih hanya dalam waktu satu minggu. Perlu diingat, bahwa untuk mendapat berat badan yang konsisten dibutuhkan juga waktu diet yang konsisten dan tidak secepat itu waktunya sebab ada bahaya diet kilat.
  3. Jangan terpacu pada foto “before – after” yang diiming-imingkan oleh produk atau metode diet. Karena anda tidak tahu pasti apakah foto tersebut asli atau sudah diedit.
  4. Banyak dari produk diet yang menyertakan ahli, instruktur olahraga, hingga selebriti yang memberikan testimoni atas produk diet tersebut. Agar Anda tidak mudah tergiur, maka sadarkanlah diri bahwa ahli, instruktur olahraga, dan selebriti tersebut telah mendapatkan bayaran karena telah ikut serta dalam mempromosikan suatu produk diet tertentu.
  5. Sebagian besar produk diet memberikan kesimpulan atas produknya dengan iming-iming diet yang simpel dan praktis. Tentunya, iming-iming tersebut hanya sekedar spekulasi bukan berdasarkan penelitian medis yang akurat.
  6. Tidak kalah penting, ada baiknya Anda mengubah cara berpikir bahwa yang murah belum tentu murahan dan sebaliknya, yang mahal belum tentu terjamin. Pasalnya, ada banyak produk diet kilat yang memasang harga cukup mahal tapi tidak ada bukti mengenai kualitasnya. Para produsen produk diet tersebut memanfaatkan cara berpikir masyarakat yang menganggap bahwa jika harganya mahal, maka produk tersebut terjamin kehandalan dan kualitasnya. Padahal hal tersebut sering kali salah.

Itulah tadi ulasan mengenai cara diet kilat. Diet juga harus dilakukan dengan sehat, dengan begitu kemungkinan penurunan berat badan Anda untuk tetap stabil juga akan lebih besar.