Diet Alkaline Untuk Turunkan Berat Badan dengan Sempurna

Alkaline untuk turunkan berat badan memang cukup terkenal saat ini. Begitu banyak cara diet yang bisa kita coba, dan satu diantaranya adalah diet Alkaline. Diet Alkaline adalah diet yang menggunakan makanan yang bersifat alkali atau basa untuk menyeimbangkan PH dalam tubuh. Seperti apa manfaat dan cara diet Alkaline? Ini dia ulasannya!

Cara Melakukan Diet Alkaline

Diet Alkaline berfokus pada pemilihan makanan yang bersifat basa dikarenakan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa makanan yang terlalu asam dapat menimbulkan beberapa macam penyakit di dalam tubuh kita. Manfaat diet Alkaline, diet ini mampu menyeimbangkan PH tubuh dari makanan yang bersifat basa, sehingga makanan tersebut dianggap sebagai pelindung dan dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Inilah pilihan makanan dan cara melakukan diet ini:

  1. Mengonsumsi buah dan sayuran
    Pada diet jenis ini, pola makan difokuskan pada buah dan sayuran. Menu makan diet alkaline memperbanyak konsumsi sayuran dan buah yang bersifat basa dan tidak lupa meminum banyak cairan seperti air putih yang paling sehat. Sangat disarankan juga untuk diet alkaline membatasi jumlah konsumsi gula, lakohol, dan kafein. Makanan olahan juga sangat tidak dianjurkan.
  2. Kurangi makanan yang asam
    Poin penting lain dari diet alkaline adalah mengurangi dan membatasi asupan makanan yang mengandung banyak asam seperti daging dan keju. Mengurangi makanan yang menghasilkan asam juga bermanfaat dalam mencegah penyakit batu ginjal, dapat menjaga tulang dan otot agar tetap kuat, baik untuk fungsi otak, serta mencegah penyakit jantung. Manfaat lainnya, diet alkaline dengan mengurangi makanan pemicu asam, bisa mengurangi nyeri pada punggung bawah serta menurunkan resiko diabetes tipe 2.
  3. Diet Alkaline baik untuk tulang
    Diet alkaline diteliti dapat mengurangi resiko pengeroposan pada tulang. Ini menjadikan diet alkaline sebagai salah satu diet yang dapat menyehatkan tulang dan mencegah tulang mengalami pengeroposan lebih cepat serta penyakit tulang berbahaya lainnya. Seiring bertambahnya usia, tentu semakin besar resiko untuk terserang penyakit tulang seperti osteoporis, sehingga konsumsi sayuran yang mengandung basa tinggi bisa dijadikan referensi selain mengonsumsi susu.
  4. Pola makan yang sehat
    Yang terpenting juga dari diet Alkaline adalah memperhatikan pola diet Alkaline dengan benar. Inti utama dari diet jenis ini adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayuran, mengurangi jumlah asupan makanan yang dapat memicu asam pada tubuh, serta melakukan pola makan dan minum yang sehat tanpa makanan berpengawet dan cepat saji.

Penting untuk diingat, diet ini tidak membutuhkan suplemen atau obat tambahan yang justru dapat berbahaya pada tubuh. Jadi, konsumsi makanan atau sayuran yang bersifat basa sebanyak 70%, dan sisanya sebanyak 30% untuk makanan yang menghasilkan asam di dalam tubuh. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet alkaline dapat mencegah penyakit kanker karena hidup menjadi lebih sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit. Manfaat lainnya, berat badan Anda akan ideal, namun dengan kondisi tubuh yang tetap sehat, bugar dan berenergi.

Pada dasarnya setiap orang bisa menjalani diet alkaline. Diet ini lebih mengajak kita untuk kembali pada alam dan memilih menu yang sehat. Penggunaan alkohol juga sangat tidak disarankan agar diet ini dapat berhasil dengan sempurna.  Itulah tadi cara diet alkaline untuk turunkan berat badan yang bisa dicoba!